Show simple item record

dc.contributor.advisorSoeherman, Sylvia
dc.contributor.authorKriscahyanto, Wahyu
dc.date.accessioned2024-08-13T06:21:12Z
dc.date.available2024-08-13T06:21:12Z
dc.date.issued2022-09
dc.identifier.urihttp://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/1680
dc.description.abstractAmanat agung Tuhan Yesus dalam Matius 28:18-20 menegaskan kepada setiap orang percaya untuk memiliki satu misi yang sama yaitu menjadikan semua bangsa murid Kristus. Dalam rangka memenuhi misi tersebut, sekolah Kristen berdiri untuk mengajarkan para siswa apa yang sudah Tuhan Yesus ajarkan. Sayangnya, tidak semua sekolah Kristen melaksanakan hal tersebut. Mereka mengadopsi filsafat-filsafat non-Kristen sebagai dasar dalam membuat dan melaksanakan kurikulum mereka. Akibatnya, banyak anak Kristen memiliki wawasan dunia sekuler. Sekolah Kristen seharusnya mendasari kurikulum mereka dengan firman Tuhan. Melalui kurikulum alkitabiah, para guru dan siswa diajak untuk melihat segala ilmu dan kebenaran dari kacamata Alkitab. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta yang telah melakukan kurikulum alkitabiah selama beberapa tahun belakangan ini. Studi ini berfokus untuk memahami perspektif para guru terhadap penerapan kurikulum alkitabiah dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan mencari tahu pendapat dari para guru mengenai pengertian, manfaat, tujuan, proses pelaksanaan integrasi alkitabiah yang selama ini telah diterapkan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dasar dalam mengumpulkan informasi dari lima orang partisipan yang diwawancarai. Temuan dari penelitian ini dibagi menjadi empat topik: (1) pengertian, manfaat dan tujuan Bible-Based Integration (BBI), (2) proses persiapan pelaksanaan BBI, (3) kendala-kendala dalam menerapkan BBI, dan (4) harapan dan usulan kepada pihak sekolah. Berdasarkan hasil wawancara, peneliti mendapatkan tema-tema besar dari setiap topik.en_US
dc.publisherSekolah Tinggi Teologi SAAT Malangen_US
dc.subjectSekolah Kristenen_US
dc.subjectguru Kristenen_US
dc.subjectintegrasi iman dan ilmuen_US
dc.subjectkurikulumen_US
dc.subjectintegrasi alkitabiahen_US
dc.titlePerspektif Guru terhadap Penerapan Bible-Based Integration Selama Proses Kegiatan Belajar-Mengajar di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas Kristen Kalam Kudus Surakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn2327086901
dc.identifier.kodeprodi77101
dc.identifier.nim20201090250


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record