• Login
    View Item 
    •   STT SAAT Institutional Repository
    • Theses
    • M.Th.
    • View Item
    •   STT SAAT Institutional Repository
    • Theses
    • M.Th.
    • View Item

    Perspektif Guru terhadap Penerapan Bible-Based Integration Selama Proses Kegiatan Belajar-Mengajar di Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas Kristen Kalam Kudus Surakarta

    Thumbnail
    View/Open
    Bab 1 (529.2Kb)
    Bab 2 (598.7Kb)
    Bab 3 (454.2Kb)
    Bab 4 (489.7Kb)
    Bab 5 (375.1Kb)
    Date
    2022-09
    Author
    Kriscahyanto, Wahyu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Amanat agung Tuhan Yesus dalam Matius 28:18-20 menegaskan kepada setiap orang percaya untuk memiliki satu misi yang sama yaitu menjadikan semua bangsa murid Kristus. Dalam rangka memenuhi misi tersebut, sekolah Kristen berdiri untuk mengajarkan para siswa apa yang sudah Tuhan Yesus ajarkan. Sayangnya, tidak semua sekolah Kristen melaksanakan hal tersebut. Mereka mengadopsi filsafat-filsafat non-Kristen sebagai dasar dalam membuat dan melaksanakan kurikulum mereka. Akibatnya, banyak anak Kristen memiliki wawasan dunia sekuler. Sekolah Kristen seharusnya mendasari kurikulum mereka dengan firman Tuhan. Melalui kurikulum alkitabiah, para guru dan siswa diajak untuk melihat segala ilmu dan kebenaran dari kacamata Alkitab. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Kristen Kalam Kudus Surakarta yang telah melakukan kurikulum alkitabiah selama beberapa tahun belakangan ini. Studi ini berfokus untuk memahami perspektif para guru terhadap penerapan kurikulum alkitabiah dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan mencari tahu pendapat dari para guru mengenai pengertian, manfaat, tujuan, proses pelaksanaan integrasi alkitabiah yang selama ini telah diterapkan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dasar dalam mengumpulkan informasi dari lima orang partisipan yang diwawancarai. Temuan dari penelitian ini dibagi menjadi empat topik: (1) pengertian, manfaat dan tujuan Bible-Based Integration (BBI), (2) proses persiapan pelaksanaan BBI, (3) kendala-kendala dalam menerapkan BBI, dan (4) harapan dan usulan kepada pihak sekolah. Berdasarkan hasil wawancara, peneliti mendapatkan tema-tema besar dari setiap topik.
    URI
    http://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/1680
    Collections
    • M.Th.

    Copyright © 2018  STT SAAT
    Contact Us | Send Feedback
    STT SAAT
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Copyright © 2018  STT SAAT
    Contact Us | Send Feedback
    STT SAAT