• Login
    View Item 
    •   STT SAAT Institutional Repository
    • Theses
    • M.Th.
    • View Item
    •   STT SAAT Institutional Repository
    • Theses
    • M.Th.
    • View Item

    Yesus Kristus sebagai Teladan Pendekatan Pembelajaran Berpusat Siswa bagi Guru Sekolah Minggu

    Thumbnail
    View/Open
    Bab 1 (2.186Mb)
    Bab 2 (2.371Mb)
    Bab 3 (2.272Mb)
    Bab 4 (2.181Mb)
    Bab 5 (2.121Mb)
    Date
    2025-06
    Author
    Mina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendekatan Pembelajaran Berpusat Siswa (PBS) dalam pembelajaran adalah pendekatan yang menempatkan siswa sebagai sentral dalam kegiatan pembelajaran. Siswa yang akan menentukan materi apa yang hendak dipelajari, bagaimana cara mempelajarinya, dan apa tujuan yang hendak dicapai. PBS dilandasi oleh tiga teori belajar, yaitu kognitivisme, konstruktivisme dan humanisme. PBS memiliki elemen-elemen dasar dalam kegiatan belajar mengajar. Elemen tersebut adalah berkenaan dengan konten, interaksi belajar mengajar, strategi pembelajaran, relasi guru dengan para murid yang diajarnya, lingkungan pembelajaran, dan evaluasi yang diterapkan. Dasar teori dan elemen-elemen tersebut yang menentukan bagaimana implementasi dalam kegiatan pembelajaran dilakukan. PBS adalah pendekatan yang dapat diimplementasikan dalam berbagai lembaga pendidikan termasuk di Sekolah Minggu. Gereja tidak perlu ragu dalam mengadopsi pendekatan pembelajaran PBS, karena Yesus Kristus, Sang Guru telah menerapkan pendekatan PBS dalam pengajaran-Nya. Yesus dapat menjadi teladan bagi GSM dalam menerapkan pendekatan PBS. Injil memberikan catatan dan bukti-bukti yang nyata tentang Yesus Kristus sebagai Guru yang telah menerapkan pendekatan PBS. Beberapa teladan konkret yang Yesus berikan dalam penerapan PBS adalah, Yesus memiliki jati diri yang kuat sebagai Guru yang diutus Allah untuk mengajar umat Allah. Yesus memiliki karakter Allah sehingga Yesus dapat merepresentasikan Allah bagi manusia. Yesus memiliki relasi yang erat dengan para murid-Nya, Yesus memiliki pembelajaran yang bermakna, Yesus memiliki metode pengajaran yang unik. Metode yang Yesus terapkan adalah metode khas dalam pendekatan PBS. Contoh metode tersebut, antara lain metode ceramah, visualisasi, simulasi, diskusi, demonstrasi, questioning, praktik langsung (learning by doing) dan pembelajaran langsung. Yesus pun memiliki konten pengajaran yang mengarah pada pemenuhan visi misi Allah bagi umat manusia.
    URI
    http://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/1772
    Collections
    • M.Th.

    Copyright © 2018  STT SAAT
    Contact Us | Send Feedback
    STT SAAT
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Copyright © 2018  STT SAAT
    Contact Us | Send Feedback
    STT SAAT