Show simple item record

dc.contributor.advisorRusli, Megawati
dc.contributor.authorPratiwi, Jessica
dc.date.accessioned2024-07-18T07:00:32Z
dc.date.available2024-07-18T07:00:32Z
dc.date.issued2022-12
dc.identifier.urihttp://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/1659
dc.description.abstractMelalui pendidikan, para siswa dididik dalam perkembangan intelektual, psikis, moral, spiritual dan religiusnya. Salah satu mata pelajaran yang berperan penting dalam membentuk siswa di Indonesia untuk menjadi manusia yang seutuhnya adalah pendidikan agama. Pendidikan agama diadakan sebagai wujud implementasi prinsip sila pertama Pancasila, yaitu setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk menganut dan menghayati kepercayaan agamanya masing-masing. Pendidikan agama memiliki peran penting dalam membentuk siswa Indonesia menjadi manusia dewasa seutuhnya dalam aspek spiritual-religius, sesuai dengan agamanya yang dianut. Dengan adanya kebijakan ini, artinya guru agama memiliki tanggung jawab dalam mengajar, membimbing, dan membentuk siswa dalam iman dan karakternya. Dampak hal ini bagi PAK adalah guru PAK memiliki peran penting dalam membimbing siswa Kristen, secara khusus dalam menumbuhkan iman dan membentuk karakter siswa Kristen. Guru PAK bertanggung jawab dalam menolong siswa Kristen untuk memahami, mengeksplorasi, dan menerapkan konsep yang berkaitan dengan nilai-nilai iman dan karakter Kristen. Oleh karena itu, guru PAK memiliki tugas sebagai pengajar, pembimbing, sekaligus gembala bagi siswa Kristen di sekolah. Setiap siswa Kristen di Indonesia, baik di sekolah swasta Kristen maupun sekolah negeri memiliki hak untuk diajar dan dibimbing oleh guru PAK. Namun kenyataan yang terjadi di sekolah menengah negeri di Indonesia adalah kurangnya jumlah tenaga guru PAK, sehingga siswa Kristen di sekolah menengah negeri di Indonesia kurang mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembimbingan iman dan karakter. Dengan kondisi yang seperti itu, sekolah menengah negeri seharusnya menjalin kerja sama dengan lembaga Kristen yang bergerak di bidang pendidikan. Pelayanan siswa Kristen dapat menjadi mitra guru PAK dalam membimbing pertumbuhan iman dan pembentukan karakter siswa Kristen di sekolah menengah negeri di Indonesia. Dengan adanya kerja sama ini, siswa Kristen di sekolah menengah negeri di Indonesia akan mendapatkan pembimbingan iman dan karakter yang baik, yaitu pembimbingan oleh guru PAK di kelas dan pembimbingan oleh tim pelayanan siswa Kristen di persekutuan rohani Kristen (Rohkris).en_US
dc.publisherSekolah Tinggi Teologi SAAT Malangen_US
dc.subjectPendidikan Kristenen_US
dc.subjectGuru PAKen_US
dc.subjectPelayanan Siswa Kristenen_US
dc.titlePeran Pelayanan Siswa Kristen sebagai Mitra Guru PAK dalam Menumbuhkan Iman dan Membentuk Karakter Siswa Kristen di Sekolah Menengah Negeri di Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn2305046202
dc.identifier.kodeprodi77201
dc.identifier.nim20181041510


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record