Show simple item record

dc.contributor.advisorSoegianto, Hari
dc.contributor.authorApriandani, Dwi Aning
dc.date.accessioned2022-06-29T06:37:34Z
dc.date.available2022-06-29T06:37:34Z
dc.date.issued2020-11
dc.identifier.urihttp://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/1495
dc.description.abstractPermasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan di era digital ini adalah peran guru yang dirasa sudah tergeser oleh teknologi digital. Di satu sisi teknologi digital memberikan banyak keuntungan bagi proses belajar karena dapat mencari dan mengelola informasi dengan lebih cepat, mudah, dan murah. Kondisi murid yang merupakan generasi digital native, cenderung lebih memilih mencari informasi dari teknologi digital dibandingkan guru. Selain itu, ketidaksiapan menghadapi perubahan yang terjadi dalam pendidikan digital menjadi kesulitan tersendiri bagi para guru. Selain itu, ada dampak negatif yang mengancam mulai dari gangguan kesehatan hingga kemerosotan nilai-nilai kehidupan dari penggunaan teknologi digital, terutama para murid. Untuk menghadapi permasalahan itu, para murid membutuhkan pertolongan dari gurunya untuk memberikan teladan hidup bagi mereka. Namun, ternyata guru yang seharusnya menjadi teladan bagi para murid pun tidak kebal terhadap dampak negatif itu. Guru tetap memerlukan teladan dari pribadi yang lain sebagai pedoman dalam menjalankan perannya. Permasalahan tersebut tidak hanya terjadi pada guru secara umum, tetapi juga terjadi pada guru Kristen. Namun, guru Kristen telah memiliki teladan yang sempurna yaitu Yesus, sang Guru Agung. Teladan Yesus sebagai guru dapat dilihat dengan jelas melalui kisah pelayanan Yesus dalam kitab Injil. Permasalahan ini memunculkan kebutuhan akan penelitian yang dapat membuktikan bahwa Yesus, Sang Guru Agung adalah teladan yang sempurna bagi guru Kristen dalam menghadapi permasalahan di era digital. Pertanyaannya adalah bagaimanakah tindakan Yesus dapat membentuk peran guru Kristen di era digital? Penelitian ini akan menunjukkan bahwa teladan Yesus sebagai guru merupakan teladan yang sempurna bagi guru Kristen di era digital. Penelitian ini akan menggunakan metode kajian pustaka. Penelitian ini menggunakan sumber-sumber umum untuk mengetahui kondisi pendidikan sekolah di era digital dan dampak-dampak dari penggunaan teknologi digital dalam pendidikan secara umum. Kemudian, penelitian ini juga akan menggunakan sumber-sumber tentang pendidikan Kristen yang membahas peran Yesus sebagai guru dalam kitab Injil. Penelitian ini akan menunjukkan bahwa teladan Yesus sebagai Guru Agung yang tertulis dalam kitab Injil sangat penting bagi para guru Kristen untuk menjalankan peranya di era digital. Hasil dari penelitian teladan Yesus sebagai guru dalam kitab Injil telah menunjukkan prinsip-prinsip yang penting bagi guru Kristen dalam menjalankan panggilannya. Prinsip-prinsip ini merupakan pedoman bagi guru Kristen dalam menjalankan perannya. Hanya dengan menjalankan peran yang sesuai dengan teladan Yesus, guru Kristen dapat menolong para murid untuk menghadapi tantangan bahkan keluar dari pengaruh dampak negatif teknologi digital. Terlebih lagi dengan peran tersebut, guru Kristen dapat mencapai tujuan dari pendidikan Kristen, yaitu memuliakan Tuhan.en_US
dc.publisherSekolah Tinggi Teologi SAAT Malangen_US
dc.subjectYesusen_US
dc.subjectGuruen_US
dc.subjectKitab Injilen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.subjectEra Digitalen_US
dc.titleStudi Yesus sebagai Guru dalam Kitab Injil dan Implikasinya bagi Peran Guru Kristen di Era Digital.en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn2324126701
dc.identifier.kodeprodi77201
dc.identifier.nim20161041453


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record