dc.description.abstract | Salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan adalah John Dewey. Dewey menjadi tokoh revolusioner dalam dunia pendidikan dan mengubah warna pendidikan secara khusus di Amerika. Pendidikan Dewey dan laboratorium pendidikannya bukan hanya berpengaruh dalam pendidikan sekuler tetapi juga memasuki gereja dan pendidikan Kristen. Hal ini mengakibatkan banyak pro dan kontra mengenai bagaimana menyikapi pendidikan Dewey yang notabene berdasarkan filsafat naturalisme. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti filsafat pendidikan Dewey dan mengevaluasinya dari sudut pandang Kristen.
Penelitian terhadap filsafat pendidikan Dewey memperlihatkan bahwa filsafat pendidikan Dewey memiliki perbedaan mendasar dengan filsafat pendidikan Kristen. Pemikiran Dewey yang menekankan kekuatan pemikiran manusia dan potensi natural berbeda dengan pendidikan Kristen yang berpusat pada Allah. Selain itu penggalian kebenaran Dewey juga mengutamakan justifikasi sains, berbeda dengan pendidikan Kristen yang berlandaskan pada penyataan Allah dalam epistemologinya.
Sekalipun berbeda dengan pendidikan Kristen, pendidikan Dewey juga memiliki kontribusi positif dalam pendidikan yang masih sesuai dengan esensi pendidikan Kristen. Pendidikan Dewey mengutamakan perkembangan murid dan melihat bahwa pendidikan tidak boleh terlepas dari kehidupan murid. Pendidikan Dewey juga menekankan kehidupan sosial dan demokrasi. Hal ini membuat murid dapat berkontribusi dan berpartisipasi secara aktif dalam pendidikan Dewey. Dalam mengaplikasikan karya Dewey, pendidik Kristen perlu memisahkan filsafat Dewey yang naturalis dengan karyanya yang masih sesuai dengan esensi pendidikan Kristen. | |