dc.description.abstract | Musik memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan manusia, oleh sebab itu musik selalu hadir dalam kehidupan manusia, baik pada manusia usia dewasa maupun anak-anak. Musik juga dapat memberikan pengaruh yang luar biasa pada kehidupan manusia khususnya anak-anak baik dalam perkembangan fisik, intelek, sosial, emosi, bahkan perkembangan rohaninya. Oleh sebab itu skripsi ini ditulis untuk melakukan pengkajian terhadap karakteristik dan potensi yang ada dalam materi musik yang baik serta pengaruhnya pada perkembangan anak antara usia 3-10 tahun, yang menurut
penelitian merupakan usia yang paling efektif untuk belajar musik. Pengkajian difokuskan pada peninjauan terhadap karakteristik musik yang baik: kebutuhan rohani anak, kemampuan musikal anak dan pengaruh musik tersebut terhadap perkembangan anak, khususnya perkembangan rohaninya pada tiga kelompok usia yaitu 3-6 tahun, 6-8 tahun dan 8-10 tahun. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan melakukan kajian terhadap beberapa sumber pustaka. Hasil pengkajian ini menunjukkan bahwa materi musik yang baik bagi anak
bukan hanya dilihat dari unsur-unsurnya yang seimbang, tetapi juga harus disertai dengan teks yang berisi ajaran dan kebenaran sejatis materi musik yang baik memiliki potensi untuk memberikan pengaruh yang positif kepada anak usia 3 — 10 tahun: setiap anak usia 3 — 10 tahun memiliki kebutuhan rohani yang harus dipenuhi dalam perkembangannya: dan musik merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk memenuhi
kebutuhan itu. Ada dua kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini yaitu: pertama, musik dengan segala kekayaan yang dimilikinya dapat mempengaruhi perkembangan setiap aspek kehidupan anak, termasuk perkembangan rohaninya yaitu dalam mengenal
Tuhannya, mengenal dirinya maupun dalam mengenal lingkungannya, kedua, musik yang baik merupakan salah satu sarana yang sangat efektif untuk mempengaruhi
perkembangan rohani anak usia 3-10 tahun, apabila musik tersebut diperkenalkan dan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan rohani dan kemampuan musikal yang mereka
miliki pada usia perkembangannya. Mengingat kualitas musik (lagu) rohani yang diperkenalkan kepada anak-anak
pada masa kini kurang mendapatkan perhatian yang serius dari kalangan orangtua maupun pendidik, maka skripsi ini ditulis untuk memberikan wawasan tentang materi musik yang baik dan pengaruhnya, dengan tujuan agar para orangtua dan pendidik dapat bersikap selektif dalam memperkenalkan musik dan memanfaatkannya dengan seefektif mungkin dalam menunjang perkembangan rohani anak sesuai dengan kebutuhan pada usia perkembangannya. | |