dc.description.abstract | Generasi muda Kristen bergumul di tengah era Pascamodernisme yang skeptis terhadap kebenaran yang bersifat obyektif dan mutlak. Hadirnya pemimpin Kristen yang berintegritas dan berkarakter untuk menyuarakan kebenaran Allah melalui hidup yang dapat diteladani, merupakan salah satu jawaban bagi masyarakat posmodern yang skeptis terhadap kebenaran dan menolak standar moralitas. Alkitab mengajarkan bahwa pendidikan iman dan karakter harus dimulai sejak anak masih kecil. Penting bagi orang tua untuk mengetahui desain proses pendidikan anak yang menerapkan ajaran dan prinsip Alkitab seutuhnya dan sepenuhnya. Pertama dengan mempelajari prinsip pendidikan anak menurut Alkitab, berdasarkan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru untuk mengetahui prinsip, tujuan, fokus, metode, proses dan landasan pendidikan anak yang dikehendaki Tuhan. Kedua, belajar dan meneladani kekuatan serta keunikan sistem pendidikan anak dalam keluarga Yahudi. Ketiga, merefleksi dan mencontoh proses pendidikan pada masa kanak-kanak beberapa tokoh Alkitab yang hidupnya dapat menjadi teladan, berkarakter, berintegritas, memiliki iman yang teguh serta dipakai Tuhan secara luar biasa. Juga meneladani pola disiplin rohani pada masa kanak-kanak, yang dijalani oleh beberapa pemimpin rohani yang berperan luar biasa dalam sejarah gereja masa lalu, dengan karakter yang mengagumkan dan pelayanannya mendatangkan berkat bagi generasi ke generasi.
Berdasarkan prinsip Alkitab; merefleksi sistem pendidikan anak dalam keluarga Yahudi; meneladani pola disiplin rohani masa kanak-kanak yang dialami beberapa tokoh Alkitab dan pemimpin rohani dalam sejarah kekristenan, sebagai teladan; membuat desain pola alkitabiah pendidikan anak usia tujuh hingga duabelas tahun, yang efektif untuk proses pembentukan karakter pemimpin hamba, bagi murid-murid Seminari Anak Pelangi Kristus di Surabaya. Mereka adalah pemimpin Kristen masa depan yang dapat menyuarakan kebenaran Allah melalui profesi panggilan hidup dan kehidupan mereka yang berkarakter dan berintegritas. | |