• Login
    View Item 
    •   STT SAAT Institutional Repository
    • Theses
    • M.Th.
    • View Item
    •   STT SAAT Institutional Repository
    • Theses
    • M.Th.
    • View Item

    Persepsi Gen-Z Terhadap Pembimbingan Rohani di Sekolah Kristen Eben Haezar Manado

    Thumbnail
    View/Open
    Bab 1 (541.3Kb)
    Bab 2 (605.0Kb)
    Bab 3 (518.0Kb)
    Bab 4 (598.2Kb)
    Bab 5 (535.5Kb)
    Date
    2025-06
    Author
    Runtuwene, Amelia Rina Hermina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi Generasi Z (Gen-Z) terhadap pembimbingan rohani di Sekolah Kristen Eben Haezar Manado, dengan menyoroti pengalaman, tantangan, dampak, serta harapan mereka terhadap pembimbingan rohani yang diterapkan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dasar, penelitian ini melibatkan partisipan dari kalangan siswa Gen-Z yang telah mengikuti berbagai bentuk pembimbingan rohani di sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman Gen-Z dalam menerima pembimbingan rohani meliputi tiga aspek utama: pertumbuhan spiritual, meliputi: pengenalan akan Tuhan dan formasi spiritual; relasi dalam komunitas, meliputi: hubungan dengan sesama siswa, guru, serta keluarga; dan keterlibatan dalam kegiatan rohani terstruktur, meliputi: ibadah rutin, morning devotion, My Spiritual Journal, penginjilan pribadi, konseling, dan retreat. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi Gen-Z dalam proses pembimbingan rohani, baik secara internal, yaitu berkenaan dengan ekspektasi tinggi terhadap diri sendiri, maupun eksternal, yaitu berkenaan dengan distraksi dari teknologi, peran pembimbing yang kurang efektif, serta pengaruh pergaulan. Meskipun demikian, pembimbingan rohani memiliki dampak yang signifikan, terutama dalam transformasi internal, yang mencakup pertumbuhan karakter, perubahan hidup, serta kesadaran dan penerimaan diri dan juga transformasi eksternal yang ada dalam lingkungan pergaulan. Sebagai respons terhadap temuan tersebut, Gen-Z menyampaikan beberapa harapan untuk peningkatan efektivitas pembimbingan rohani, yaitu dengan ibadah yang lebih kreatif dan variatif, pendekatan yang lebih personal, serta pemanfaatan teknologi dalam mendukung pembimbingan. Implikasi dari penelitian ini tidak hanya berkontribusi bagi pengembangan program pembimbingan rohani di sekolah, tetapi juga membuka peluang bagi penelitian lebih lanjut mengenai metode pembimbingan yang relevan dengan karakteristik Gen-Z dalam konteks pendidikan Kristen.
    URI
    http://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/1781
    Collections
    • M.Th.

    Copyright © 2018  STT SAAT
    Contact Us | Send Feedback
    STT SAAT
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Copyright © 2018  STT SAAT
    Contact Us | Send Feedback
    STT SAAT