• Login
    View Item 
    •   STT SAAT Institutional Repository
    • Theses
    • S.Th.
    • View Item
    •   STT SAAT Institutional Repository
    • Theses
    • S.Th.
    • View Item

    Studi Yesus sebagai Guru dalam Kitab Injil dan Implikasinya bagi Peran Guru Kristen di Era Digital.

    Thumbnail
    View/Open
    Bab 1 (998.5Kb)
    Bab 2 (371.2Kb)
    Bab 3 (381.7Kb)
    Bab 4 (379.1Kb)
    Bab 5 (231.0Kb)
    Ucapan Terimakasih (261.4Kb)
    Date
    2020-11
    Author
    Apriandani, Dwi Aning
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan di era digital ini adalah peran guru yang dirasa sudah tergeser oleh teknologi digital. Di satu sisi teknologi digital memberikan banyak keuntungan bagi proses belajar karena dapat mencari dan mengelola informasi dengan lebih cepat, mudah, dan murah. Kondisi murid yang merupakan generasi digital native, cenderung lebih memilih mencari informasi dari teknologi digital dibandingkan guru. Selain itu, ketidaksiapan menghadapi perubahan yang terjadi dalam pendidikan digital menjadi kesulitan tersendiri bagi para guru. Selain itu, ada dampak negatif yang mengancam mulai dari gangguan kesehatan hingga kemerosotan nilai-nilai kehidupan dari penggunaan teknologi digital, terutama para murid. Untuk menghadapi permasalahan itu, para murid membutuhkan pertolongan dari gurunya untuk memberikan teladan hidup bagi mereka. Namun, ternyata guru yang seharusnya menjadi teladan bagi para murid pun tidak kebal terhadap dampak negatif itu. Guru tetap memerlukan teladan dari pribadi yang lain sebagai pedoman dalam menjalankan perannya. Permasalahan tersebut tidak hanya terjadi pada guru secara umum, tetapi juga terjadi pada guru Kristen. Namun, guru Kristen telah memiliki teladan yang sempurna yaitu Yesus, sang Guru Agung. Teladan Yesus sebagai guru dapat dilihat dengan jelas melalui kisah pelayanan Yesus dalam kitab Injil. Permasalahan ini memunculkan kebutuhan akan penelitian yang dapat membuktikan bahwa Yesus, Sang Guru Agung adalah teladan yang sempurna bagi guru Kristen dalam menghadapi permasalahan di era digital. Pertanyaannya adalah bagaimanakah tindakan Yesus dapat membentuk peran guru Kristen di era digital? Penelitian ini akan menunjukkan bahwa teladan Yesus sebagai guru merupakan teladan yang sempurna bagi guru Kristen di era digital. Penelitian ini akan menggunakan metode kajian pustaka. Penelitian ini menggunakan sumber-sumber umum untuk mengetahui kondisi pendidikan sekolah di era digital dan dampak-dampak dari penggunaan teknologi digital dalam pendidikan secara umum. Kemudian, penelitian ini juga akan menggunakan sumber-sumber tentang pendidikan Kristen yang membahas peran Yesus sebagai guru dalam kitab Injil. Penelitian ini akan menunjukkan bahwa teladan Yesus sebagai Guru Agung yang tertulis dalam kitab Injil sangat penting bagi para guru Kristen untuk menjalankan peranya di era digital. Hasil dari penelitian teladan Yesus sebagai guru dalam kitab Injil telah menunjukkan prinsip-prinsip yang penting bagi guru Kristen dalam menjalankan panggilannya. Prinsip-prinsip ini merupakan pedoman bagi guru Kristen dalam menjalankan perannya. Hanya dengan menjalankan peran yang sesuai dengan teladan Yesus, guru Kristen dapat menolong para murid untuk menghadapi tantangan bahkan keluar dari pengaruh dampak negatif teknologi digital. Terlebih lagi dengan peran tersebut, guru Kristen dapat mencapai tujuan dari pendidikan Kristen, yaitu memuliakan Tuhan.
    URI
    http://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/1495
    Collections
    • S.Th.

    Copyright © 2018  STT SAAT
    Contact Us | Send Feedback
    STT SAAT
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Copyright © 2018  STT SAAT
    Contact Us | Send Feedback
    STT SAAT