Pelayanan Era Digital: Signifikansi Khotbah Digital sebagai Pengembangan Pelayanan kepada Generasi Z di Indonesia.
Abstract
Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan manusia saat ini. Salah satu kelompok manusia yang paling terdampak adalah mereka yang lahir antara tahun 1995-2010 atau yang biasa disebut sebagai Generasi Z. Generasi ini lahir dan dibesarkan di dalam lingkungan serba digital yang menjadikan mereka memiliki karakteristik dan kebutuhan yang unik. Tidak jarang, generasi-generasi sebelumnya mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan mereka. Hal ini juga dirasakan oleh para pengkhotbah yang melayani pemberitaan firman Tuhan kepada generasi ini. Konteks dan karakteristik Generasi Z menantang pengkhotbah untuk mengambil keputusan bijak dalam mengikuti perkembangan digital sehingga teknologi juga dapat digunakan sebagai alat untuk membantu penyampaian khotbah.
Oleh karena itu, ada dua pertanyaan yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini. Pertama, apa yang mendasari seorang pengkhotbah perlu mengembangkan pelayanan khotbah digital kepada Generasi Z? Kedua, bagaimana dan dengan cara seperti apa pengkhotbah perlu mempersiapkan diri untuk mengembangkan khotbah digital yang mampu memenuhi kebutuhan Generasi Z? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini adalah menggali tentang dasar teologis-biblika dari sebuah khotbah dan menjadikannya sebagai prinsip dasar praktik khotbah digital. Dengan memiliki prinsip yang tepat, pengkhotbah dapat memanfaatkan konteks yang ada untuk mengembangkan pelayanan khotbah berbasis digital yang dapat melayani kebutuhan Generasi Z dengan lebih efektif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendorong pengkhotbah untuk mempertimbangkan dan mempersiapkan diri untuk menghadapi segala tantangan yang dapat muncul dalam proses pengembangan pelayanan ini.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah riset kepustakaan melalui studi literatur dari sumber buku, jurnal, serta survei terpercaya. Sumber yang dipakai sebagian besar merujuk pada pelayanan digital, secara spesifik pelayanan khotbah. Selain itu, buku lain yang akan dipakai membahas mengenai apa dan siapakah Generasi Z, serta bagaimana karakteristik mereka. Berdasarkan hasil studi ini, akan dilakukan analisa untuk menemukan solusi dan aplikasi yang dapat secara nyata dipraktikkan oleh pengkhotbah dalam melayani kebutuhan Generasi Z lewat khotbah digital.