Pemahaman dan Pelibatan Peran Roh Kudus oleh Guru-guru dalam Proses Mengajar di Sekolah Kristen
Abstract
Sekolah kristen telah hadir di Indonesia puluhan tahun yang lalu melalui sebuah panggilan misi di dunia pendidikan. Penyelenggaraan pendidikan Kristen memahami bahwa sekolah merupakan salah satu alat misi di tangan Tuhan untuk menjangkau jiwa-jiwa bagi-Nya. Artinya, sekolah Kristen adalah alat restorasi antara manusia yang berdosa dengan Allah Penyelamat. Sekolah Kristen juga berperan menolong para murid untuk menemukan karunia yang diberikan Tuhan sehingga mereka dapat menolong orang lain di mana mereka berada. Peran pendidikan Kristen melalui sekolah Kristen dalam menjalankan misi ini tidak bisa lepas dari peran Roh Kudus di dalamnya. Misi besar ini akan dijalankan oleh guru-guru di sekolah-sekolah Kristen. Oleh karena itu setiap guru di sekolah Kristen harus memahami dan melibatkan peran Roh Kudus, salah satunya adalah melalui proses belajar dan mengajar. Pertanyaannya adalah: apakah guru-guru sudah memiliki pemahaman tentang Roh Kudus dan pelibatan peran-Nya dalam proses mengajar mereka di kelas? Berdasarkan pemikiran itulah maka penulis melakukan penelitian terhadap beberapa guru yang mengajar di sekolah Kristen. Apakah mereka memiliki pemahaman tentang Roh Kudus dan pelibatan-Nya dalam prose mengajar mereka? Hasil penelitian melalui metodologi penelitian kualitatid dengan cara wawancara menunjukkan bahwa guru-guru tersebut memiliki pemahaman tentang Roh Kudus dan mereka tahu bahwa pelibatan ROh Kudus dalam proses mengajar adalah sangat penting. Pemahaman pentingnya peran Roh Kudus dalam proses mengajar didasarkan pemahaman oleh guru-guru bahwa mereka mengerjakan pekerjaan yang membawa pada kekekalan. Oleh karena itu, guru-guru tidak bisa hanya memiliki pengetahuan Alkitab, keterampilan pedagogi, serta wawasan dan pengetahuan yang baik saja, akan tetapi, mereka membutuhkan kuasa Ilahi melalui kehadiran Roh Kudus dalam diri mereka untuk mengerjakan pekerjaan ini. Roh Kudus bekerja dalam proses mengajar dan membuat firman Tuhan mempengaruhi murid-murid sehingga kebenaran firman Tuhan yang disampaikan menjadi efektif.