Studi tentang Peranan Kelompok Kecil terhadap Transformasi Spiritualitas Siswa SMA Athalia
Abstract
Pendidikan Kristen adalah sebuah proses untuk menolong para murid untuk menjadi serupa dengan Kristus; bukan sekadar untuk meningkatkan kemampuan akademik mereka semata. Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah Kristen harus menyediakan berbagai macam perangkat yang dibutuhkan. Mulai dari pembuatan visi dan misi sekolah sampai ke program pembinaan iman dan karakter siswa. Kelompok kecil adalah salah satu program pembinaan yang sangat efektif untuk menciptakan transformasi spiritualitas dari para siswa. Tesis ini meneliti tentang peranan kelompok kecil yang mengacu pada Kisah Para Rasul 2::42-47 terhadap transformasi spiritualitas siswa SMA Athalian. Seberapa jauh pengajaran firman Tuhan, penyembahan, persekutuan dan pengutusan berpengaruh terhadap transformasi spiritualitas para siswa tersebut. Penelitian tersebut dilakukan pada komunitas SMA Athalia dengan memberikan kuesioner kepada 25 siswa kelas XI (peserta kelompok kecil) dan 2 orang guru yang mengajar mereka sejak mereka duduk di bangku SMA kelas X. Dari penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa program pembinaan iman melalui kelompok kecil menghasilkan transformasi spiritualitas para siswa yang terlihat nyata melalui perilaku mereka di kelas.