Show simple item record

dc.contributor.advisorPranoto, Irwan
dc.contributor.authorRuntuwene, Amelia Rina Hermina
dc.date.accessioned2025-09-08T06:56:20Z
dc.date.available2025-09-08T06:56:20Z
dc.date.issued2025-06
dc.identifier.urihttp://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/1781
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi Generasi Z (Gen-Z) terhadap pembimbingan rohani di Sekolah Kristen Eben Haezar Manado, dengan menyoroti pengalaman, tantangan, dampak, serta harapan mereka terhadap pembimbingan rohani yang diterapkan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dasar, penelitian ini melibatkan partisipan dari kalangan siswa Gen-Z yang telah mengikuti berbagai bentuk pembimbingan rohani di sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman Gen-Z dalam menerima pembimbingan rohani meliputi tiga aspek utama: pertumbuhan spiritual, meliputi: pengenalan akan Tuhan dan formasi spiritual; relasi dalam komunitas, meliputi: hubungan dengan sesama siswa, guru, serta keluarga; dan keterlibatan dalam kegiatan rohani terstruktur, meliputi: ibadah rutin, morning devotion, My Spiritual Journal, penginjilan pribadi, konseling, dan retreat. Namun, terdapat beberapa tantangan yang dihadapi Gen-Z dalam proses pembimbingan rohani, baik secara internal, yaitu berkenaan dengan ekspektasi tinggi terhadap diri sendiri, maupun eksternal, yaitu berkenaan dengan distraksi dari teknologi, peran pembimbing yang kurang efektif, serta pengaruh pergaulan. Meskipun demikian, pembimbingan rohani memiliki dampak yang signifikan, terutama dalam transformasi internal, yang mencakup pertumbuhan karakter, perubahan hidup, serta kesadaran dan penerimaan diri dan juga transformasi eksternal yang ada dalam lingkungan pergaulan. Sebagai respons terhadap temuan tersebut, Gen-Z menyampaikan beberapa harapan untuk peningkatan efektivitas pembimbingan rohani, yaitu dengan ibadah yang lebih kreatif dan variatif, pendekatan yang lebih personal, serta pemanfaatan teknologi dalam mendukung pembimbingan. Implikasi dari penelitian ini tidak hanya berkontribusi bagi pengembangan program pembimbingan rohani di sekolah, tetapi juga membuka peluang bagi penelitian lebih lanjut mengenai metode pembimbingan yang relevan dengan karakteristik Gen-Z dalam konteks pendidikan Kristen.en_US
dc.publisherSekolah Tinggi Teologi SAAT Malangen_US
dc.subjectGen-zen_US
dc.subjectpembimbingan rohanien_US
dc.subjectpendidikan Kristenen_US
dc.subjectspiritualen_US
dc.subjectinovasien_US
dc.titlePersepsi Gen-Z Terhadap Pembimbingan Rohani di Sekolah Kristen Eben Haezar Manadoen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn2315127401
dc.identifier.kodeprodi77101
dc.identifier.nim20221090332


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record