• Login
    View Item 
    •   STT SAAT Institutional Repository
    • Theses
    • M.Div.
    • View Item
    •   STT SAAT Institutional Repository
    • Theses
    • M.Div.
    • View Item

    Tinjauan Kritis Konsep Pendidikan Inklusif bagi Anak dengan Autistic Spectrum Disorders dari Sudut Konsep Pendidikan Kristen

    Thumbnail
    View/Open
    Bab 1 (891.5Kb)
    Bab 2 (428.9Kb)
    Bab 3 (397.6Kb)
    Bab 4 (358.0Kb)
    Bab 5 (315.2Kb)
    Ucapan Terimakasih (276.1Kb)
    Date
    2014
    Author
    Hermawan, Esther Stepfanie
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Konsep pendidikan inklusif merupakan sebuah konsep yang lahir dari ketidakpuasan orang tua dan tenaga pendidik terhadap konsep-konsep pendidikan anak berkebutuhan khusus yang pernah diterapkan. Konsep pendidikan inklusif dibangun untuk merangkul anak-anak berkebutuhan khusus agar mereka dapat belajar bersama dengan teman-teman sebaya mereka di kelas reguler. Pendidikan inklusif memiliki keunggulan dari sisi materi dan metode pengajaran yang dirancang hati-hati untuk memenuhi kebutuhan setiap peserta didik. Penerapan pendidikan inklusif diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus, termasuk anak dengan Autistic Spectrum Disorders (ASD). Pendidikan inklusif memfokuskan konsepnya pada manusia (human-centered), karena konsep ini sangat menjunjung tinggi hak anak-anak berkebutuhan khusus untuk mengenyam pendidikan dan tidak didiskriminatif. Tujuan akhir dari pendidikan inklusif ini adalah semua pihak diuntungkan, terutama anak-anak berkebutuhan khusus. Hal tersebut berbeda dengan konsep Alkitab yang mengatakan bahwa pendidikan haruslah berpusat pada Allah, agar setiap peserta didik memiliki pengenalan yang benar tentang Allah, sehingga mereka dapat membawa perubahan bagi dunia. Dengan demikian, konsep pendidikan inklusif bagi anak dengan ASD tidak dapat digunakan begitu saja dalam pendidikan Kristen dan sekolah minggu. Konsep pendidikan inklusif baru dapat diterapkan apabila konsep tersebut telah diolah kembali dan tunduk kepada otoritas Alkitab sebagai satu-satunya kebenaran yang absolut. Pendidikan inklusif yang sudah tunduk di bawah otoritas firman Tuhan akan membawa peserta didik untuk mengenal Allah dan memuliakan-Nya.
    URI
    http://repository.seabs.ac.id/handle/123456789/1351
    Collections
    • M.Div.

    Copyright © 2018  STT SAAT
    Contact Us | Send Feedback
    STT SAAT
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Copyright © 2018  STT SAAT
    Contact Us | Send Feedback
    STT SAAT